Sabtu, 13 Juli 2013

Proposal Usaha



Analisis Usaha

  1. Jenis Usaha          : Menjual Makanan
  2. Kegiatan               : Membuat Omlete Sosis
  3. Target Pasar        : Kalangan Remaja 
  4. Perlengkapan      :  
  • Alat           :



·         Teflon Cetak
·         Spatula
·         Pisau/Gunting
·         Plastik Pembungkus

·         Baskom
·         Piring
·         Kompor
·         Sendok



  • Bahan       :


·         Telur
·         Mie Rebus
·         Air Bersih
·         Sosis

·         Bumbu
·         Minyak
·         Saus Tomat


5. Perkiraan Harga :
·         1kg telur                            Rp  15.000
·         10 bks Mie Rbus               Rp  13.000
·         1 bks Sosis                        Rp  10.000
·         1 kg Minyak Goreng         Rp  12.000
·         1 pck Platik Pmbungks     Rp    5.000
·         Teflon Cetak                     Rp  65.000
·         Spatula                             Rp    7.000
·         Sendok,Piring,Baskom     Rp  15.000
·         Kompor                             Rp  90.000
·         Pisau/Gunting                   Rp  10.000
·         1 btl Saus Tomat               Rp   8.000

6.  Harga Jual                       : Rp 1.000 per buah
                     
7. Faktor Pendukung          :
1.     Membuat rasanya menjadi beragam. Misal:Extra Pedas, Pedas Manis, Biasa Dll.
2.     Rasa yang enak
3.     Harga terjangkau
4.     Bahan bakunya tidak terlalu mahal & mudah di dapat
5.     Melakukan Promosi
6.     Bentuk pembungkusnya dibuat semenarik mungkin
7.     Menjaga kesterilan barang jual

8. Faktor penghambat        : Banyaknya persaingan dan kurangnya pemasaran
9. Waktu                              : Buka setiap hari mulai jam 09.00-16.00 WIB
SISTEMATIK PENYUSUNAN PROPOSAL USAHA
        Dalam menyusun proposal usaha, maka maksud dan isinya harus jelas dengan sistematika berikut:

I.      KATA PENGANTAR
  •   Tujuan                         :Untuk menambah pengalaman dalam bidang penjualan dan
                                     melatih kemampuan berwirausaha.
  • Manfaat Umum           :Untuk belajar menciptakan lapangan kerja sendiri serta  mengasah kreativitas yang kita miliki.
  • Manfaat Ekonomi       :Untuk memperoleh keuntungan yang besar agar uangnya dapat ditabung untuk masa depan.

II.   UMUM
  • Nama Perusahaan                                : Sedap Maknyos
  • Pemilik Perusahaan                             : Nur Kholilah
  • Bentuk perusahaan                              : Perorangan
  • Bidang Usha                                       : Menjual Makanan dan Minuman
  • Tempat/ Lokasi usaha                         : Jl. Raya Serang Km.15
  • Jumlah Tenaga Kerja                           : 9 orang

III.  ASPEK PRODUK YANG DIBUAT
  • 1Jenis barang yang dibuat                     : Kue coklat
  • Banyaknya barang yg akan dibuat      : 20 buah perhari 
  • Profil para konsumen yang dituju       : Kalangan menengah
                                                                                                          
IV.  ASPEK PEMASARAN PRODUK
  • Jasa atau produk yg akan dipasarkan  : Makanan dan Minuman 
  • Profil para konsumen yg akan dituju  : Kalangan menengah 
  • Potensi pasar                                      
a.    Lokasi daerah pemasaran               : Di daerah pertokoan
b.   Jumlah potensi pemasaran yg ada adalah   :


·      Individu             80 orang
·      Keluarga             5 orang
·      Instansi               :
·      Lembaga            : 1
·      Organisasi          : 3
·      Perusahaan        :−


  • Kondisi para pesaing  
·      Nama perusahaan                       : Choco Sweet Bakery
·      Jenis usaha/jasa                          : Menjual aneka kue
·      Lokasi perusahaan                      : Di ruko Citra Raya
·      Fasilitas pelayanan                     : Memuaskan
·      Fasilitas peralatan                       : Sangat memadai
·      Jumlah konsumen yg potensial  40 orang sehari
  • Pasar efektif yang dikuasai
·      Nama perusahaan                       : Bakery
·      Alamat perusahaan                     : Citra Raya
·      Kapasitas pembelian setiap hari/ Minggu/bulan/tahun                   : Mencapai 50 orang/hari
  • Pasar yang direncanakan dalam pengembangan
·      Perusahaan                                 : −
·      Perorangan                                 : Dapat mengembangkannya dan memperoleh
  konsumen sebanyak−banyaknya.
·      Keluarga                                     : −
  •  Penetapan harga produk
·      Harga yang ditawarkan                          : Rp 1.000 – 2.000 per buah
·      Prosedur dalam penetapan harga jual    : Dihitung dari modal yang dikeluarkan
  •  Distribusi yang akan dilakukan
·      Secara intensif                            : Dapat mendistribusikan barang secara
                                                     langsung   20 buah perhari
·      Secara ekstensif                         : Menerima pesanan  100 buah per minggu
·      Secara eksklusif                         : Apabila pesanan lebih dari 50 buah akan
                                                     mendapatkan diskon 20%


  •  Strategi promosi
·      Melalui media cetak                   : Brosur penjualan
·      Melalui media elektronik           : Via sms & online
·      Melalui sales promotion             : Meyakinkan para konsumen agar tertarik pada
 dagangan kita
  •   Sistem penjualan produk
·      Langsung                                   : Diberikan kepada konsumen secara langsung
·      Semi langsung                            : −
·      Tidak langsung                           : Menitipkan barang dagangan kepada orang lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar